Selasa, 17 Januari 2017

Mengenal Tampilan Corel Draw X4

Sebelum memulai mendesain lebih baiknya kita memahami dulu software yang kita gunakan dan fungsi masing masing bagiannya. Tampilannya terlihat sederhana tetapi sesungguhnya memiliki fungsi yang luar biasa, kita akan ulas satu per satu bagiannya agar mudah dipahami.

Pertama-tama, buka dahulu software corel draw x4




Ini adalah tampilan dari corel draw x4

Menu Bar




Kumpulan perintah perintah yang digunakan untuk mengatur semua yang bersangkutan dengan tampilan dan objek. Masing masing menu memiliki sub menu dan fungsi yang berbeda beda. Untuk mengetahui fungsinya masing masing bisa sambil dicoba satu per satu.

Standar Bar



Kumpulan beberapa icon yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dari fungsi utama yang ada di menu bar, sehingga proses perintahnya lebih cepat

Property Bar


Perintah yang digunakan untuk mengatur work space dan objek yang sedang aktif, setiap objek memiliki tampilan propertynya masing masing. Pengaturannya bisa berupa ukuran, rotasi, tebal garis, jenis garis dan lain lain.

Tool Box


Nah ini yang paling penting dari semua yang ada yaitu Tool box, kumpulan perintah yang digunakan untuk membuat objek, teks, gradient, table, garis, dan masih banyak lagi, setiap tools memiliki fungsinya masing masing.

Color Bar





Tools atau alat yang digunakan untuk mengubah warna dan garis dari setiap objek, caranya cukup klik kiri untuk mengganti warna fill dan klik kanan untuk mengganti warna garis / outline. Warna yang digunakan pada corel yaitu CMYK, sehingga warnanya lebih bervariasai dan lebih terang

Work Space


Tempat untuk menciptakan objek, teks, gambar dan semua keperluan desain. semuanya diolah dalam satu work space, tetapi dalam 1 file corel kita bisa membuat banyak sekali page / work space agar masing masing desain bisa dipisah pisah per page.

Color Status Bar





Salah satu tampilan yang tak kalah penting yaitu color status bar, berfungsi untuk memberitau warna apa yang sedang digunakan pada suatu objek, warnanya berupa fill dan stroke.

Untuk setiap toolsnya bisa kalian coba sendiri agar kalian bisa lebih memahaminya. Versi X4 ini berbeda dengan versi diatasnya, tetapi tidak terlalu jauh perbedaannya, jadi apabila kalian sudah mengerti dengan 1 versi corel, biasanya akan mudah memahami juga di versi lainnya. Sekian materi menegenal tampilan corel draw x4, buat kalian yang kurang ngerti atau gagal paham bisa langsung contact saya atau koment dibawah ini

Have a Nice Design!

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

SEO

What is SEOWhat is SEO